Pengen Share tugas makul "Pengantar Manajemen"
Kali aja ada viewers / readers yang membutuhkan :)
PT.
PERKEBUNAN NUSANTARA IV (PERSERO)
Visi :
PT. Perkebunan Nusantara IV ( Persero ) menjadi pusat
keunggulan pengelolaan perusahaan agroindustri kelapa sawit dengan tata kelola
perusahaan yang baik serta berwawasan lingkungan.
Misi :
- Menjamin
keberlanjutan usaha yang kompetitif .
- Meningkatkan
daya saing produk secara berkesinambungan dengan sistem, cara dan
lingkungan kerja yang mendorong munculnya kreativitas dan inovasi untuk
meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
- Meningkatkan
laba secara berkesinambungan.
- Mengelola
usaha secara profesional untuk meningkatkan nilai perusahaan yang
mempedomani etika bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).
- Meningkatkan
tanggung jawab sosial dan lingkungan .
- Melaksanakan
dan menunjang kebijakan serta program pemerintah pusat/daerah.
Untuk mencapai sasaran yang jelas
dalam koridor visi dan misi tersebut, diperlukan suatu corporate plan atau perencanaan strategis jangka panjang yang
akan menjadi acuan/ pedoman manajemen dalam menjalankan keputusan strategis.
Penyusunan rencana jangka panjang adalah bagian dari
upaya yang konsisiten dalam pelaksanaan dan pencapaian good corporate
governance (GCG).
Maksud dan Tujuan Perusahaan
Maksud dan tujuan Perusahaan menurut anggaran Dasar
perusahaan, antara lain :
- Turut
melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang
ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di sub sektor
pertanian dalam arti seluas-luasnya dengan tujuan memupuk keuntungan
berdasarkan prinsip-prinsip perusahaan yang sehat.
- Melaksanakan
kegiatan usaha antara lain:
- Mengusahakan
budidaya tanaman, meliputi pembukaan dan pengolahan lahan, pembibitan,
penanaman dan pemeliharaan serta melakukan kegiatan-kegiatan lain yang
berhubungan dengan budidaya tanaman tersebut.
- Produksi,
meliputi pemungutan hasil tanaman, pengolahan hasil tanaman sendiri maupun
pihak lain menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
- Perdagangan,
meliputi penyelengaraan kegiatan pemasaran berbagai macam hasil produksi
serta melakukan kegiatan perdagangan barang lainnya yang berhubungan
dengan kegiatan usaha perusahaan.
- Pengembangan
usaha di bisang perkebunan, agro usaha dan agro bisnis.
- Mendirikan/menjalankan
perusahaan dan usaha lainnya yang mempunyai hubungan dengan usaha bidang
pertanian, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan
badan-badan lainnya, sepanjang hal itu tidak bertentangan dengan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
\Budaya Perusahaan
Memberi,
membimbing dan mendorong perilaku seluruh karyawan perusahaan agar dalam melaksanakan
tugas selalu:
a. Berpikir positif untuk dapat
menangkap setiap peluang.
b. Proaktif dalam mengahsilkan inovasi
dan prestasi.
c. Kerjasama tim untuk membangun
kekuatan
d. Menempatkan kepentingan perusahaan
sebagai pertimbangan utama bagi setiap keputusan yang diambil oleh setiap
jajaran perusahaan.
e. Menempatkan peningkatan
kesejahteraan karyawan sebagia bagian yang tidak terpisahkan dari pencapaian
sasaran perusahaan.
Corporate Value
Corporate value adalah nilai-nilai yang dianut oleh
suatu perusahaan yang mengakar dan menjadi patokan yang dipegang oleh seluruh
pekerja untuk menjalankan aktivitasnya serta internalisasi diri. PT. Perkebunan
Nusantara IV ( Persero ) memiliki Corporate value yang terdiri dari 5 (lima)
nilai, yaitu :
v Profitability
(Mengutamakan Profit)
v Responsibility
( Bertanggung Jawab terhadap Stakholder)
v Integrity (
Integritas)
v Market Ahead
( Selalu terdepan)
v Accountability
( Terpercaya)
Strategi
Ø
Strategi Corporate
Strategi
utama yang ditempuh untuk mencapai sasaran perusahaan tahun 2008 adalah :
ü Strategi Kombinasi, yaitu penggabungan antara Strategi
Stabilitas, Pertumbuhan (Ekspansi) dan penciutan yang dilaksanakan secara
simultan.
ü Strategi Pertumbuhan (Ekspansi) adalah untuk meningkatkan nilai
perusahaan dalam jangka panjang dengan pengembangan (perluasan) areal kelapa
sawit (strategi pertumbuhan konsentrasi horizontal) dan pengembangan industri
hilir (strategi pertumbuhan konsentrasi vertikal).
ü Strategi Stabilitas adalah untuk meningkatkan
kemampulabaan dari jenis usaha dan areal yang ada yaitu kelapa sawit.
ü Strategi penciutan adalah untuk mengurangi resiko dari
usaha perkebunan teh dengan mengurangi areal tanaman yang ada.
Ø
Strategi Bisnis
Strategi Kepemimpinan Biaya (Overall Cost Leadership),
dengan memberikan perhatian pada aspek skala usaha (ekonomi), biaya input,
teknologi produksi, pemanfaatan kapasitas, dan efektifitas organisasi serta
manajemen. Fokus kepada Core Bisnis dan melakukan diferensiasi pada produk
industri hilir teh.
Ø
Strategi Operasional
·
Meningkatkan
nilai perusahaan dengan perluasan areal dan pengembangan industri hilir.
·
Menerapkan
SOP (Standard Operations Procedure) pemeliharaan, panen, pengolahan, dan
perawatan pabrik secara konsisten.
·
Mengadakan
peremajaan / replanting tanam secara teratur setiap tahun.
·
Mengurangi/meniadakan
kerugian dari usaha perkebunan teh.
·
Mengintensifkan
lahan produktif.
·
Meningkatkan
produktifitas dan efisiensi melalui penerapan praktek-praktek bisnis terbaik
mencakup baku teknis, manajemen dan sistem kerja.
·
Meningkatkan
kemampulabaan dengan efisiensi di segala bidang.
·
Membangun
dan mengembangkan sistem penilaian kinerja, sistem penghargaan, pengembangan
karir dan renumerasi yang objektif, rasional, adil, serta mendorong motivasi.
·
Meningkatkan
kesadaran biaya (cost consciousness) semua personil perusahaan.
·
Melaksanakan
proses bisnis dengan berdasar pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance
(GCG).
·
Mengembangkan
inovasi penciptaan jenis produk-produk baru untuk lebih diterima pasar.
·
Membangun
Sistem Informasi Manajemen yang integratif dan berbasis komputer.
Keuangan
·
Meningkatkan kesadaran biaya (cost
consciousness) semua personil perusahaan.
·
Peningkatan manajemen kas (cash management)
·
Peningkatan efektivitas pengendalian biaya
melalui pengendalian biaya yang sudah ada.
·
Pembangunan Sistem Informasi keuangan berbasis
komputer.
Pemasaran
·
Melakukan analisis pasar secara rutin dan
membuat laporan hasil analisis sebelum dilakukan penjualan CPO dan teh jadi.
·
Menjaga konsistensi mutu dan mempertahankan ISO
9001 dan 14000
Sumber Daya Manusia
·
Membangun insan PTPN IV yang produktif yang
ditandai dengan tingginya kualitas : kreativitas, kompetensi, integritas, dan
spiritual (nilai-nilai kemanusiaan dan pengabdian kepada Tuhan).
·
Mendistribusikan SDM secara seimbang pada setiap
bidang sesuai kebutuhan.
·
Melaksanakan penilaian karyawan, pemberian
penghargaan, karier dan renumerasi yang mendorong motivasi karyawan untuk
berprestasi terbaik.
·
Memenuhi hak-hak normatif karyawan sesuai dengan
ketentuan dan perundang-undangan.
·
Merasionalkan/mengoptimalisasi norma penggunaan
tenaga kerja.
Pengabdian Masyarakat
Bagian kemitraan Bina Lingkungan (KBL) merupakan
unit khusus yang menangani program kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan bina
lingkungan (Keputusan Mentri Badan Usaha Milik Negara no.:KEP-236/MBU/2003,
tanggal 17 Juni 2003)
Komunitas
·
Semua kebun melakukan program CD terhadap
masyarakat sekitarnya.
·
Mengalokasikan dana CD berdasarkan prioritas
sesuai kondisi unit usaha.
·
Prioritas penyaluran CD yang memberi efek jangka
panjang misalnya pendidikan, pelatihan dan beasiswa.
·
Kebun/unit dilibatkan dalam evaluiasi dan
monitoring program CD dan PUKK.
·
Semakin meningkat citra positif perusahaan yang
ditandai kuatnya kemitraan, hubungan yang saling memberi manfaat, kepedulian
terhadap masyarakat sekitar.
Peduli Lingkungan
·
Menjaga kelestarian lingkuangan dengan program
Zero Waste yaitu dengan memanfaatkan limbah padat dan cair menjadi kompos.
·
Meminimalisasi dampak keberadaan PKS dengan
teknologi yang akrab lingkungan.
Layanan
·
Menjaga dan mempertahankan mutu produk yang
dijual sesuai permintaan konsumen.
·
Meningkatkan sistem pelayanan kepada konsumen.
·
Mengutamakan kepuasan konsumen.
Produk Dan Layanan
1. Crude Palm Oil (CPO)
Bahan Baku
Industri
Deskripsi :
• Minyak kelapa sawit yang diekstraksi dari daging buah (Mesocarp)
• Mempunyai titik beku pada suhu kamar
• Mempunyai warna merah jingga
• Diperoleh sebanyak 22 – 23 % dari Tandan Buah Segar (TBS)
• Minyak kelapa sawit yang diekstraksi dari daging buah (Mesocarp)
• Mempunyai titik beku pada suhu kamar
• Mempunyai warna merah jingga
• Diperoleh sebanyak 22 – 23 % dari Tandan Buah Segar (TBS)
Fitur :
Mengandung Beta Carotene yang tinggi, yang merupakan anti-oksidant dan provitamin A.
Mengandung Beta Carotene yang tinggi, yang merupakan anti-oksidant dan provitamin A.
Inti Sawit
(Palm Kernel)
Bahan baku industri pangan
Bahan baku industri pangan
Deskripsi :
• Diperoleh dari biji sawit, melalui proses pemecahan biji
• Diperoleh sebanyak 4 – 5 % dari Tandan Buah Segar (TBS)
• Diperoleh dari biji sawit, melalui proses pemecahan biji
• Diperoleh sebanyak 4 – 5 % dari Tandan Buah Segar (TBS)
Fitur :
• Inti sawit mengandung Palm Kernel Oil sebanyak ± 45 – 48 % yang kaya akan gugus Asam laurat bersifat cair pada suhu kamar.
Dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan dan oleo kimia seperti cocoa butter substituted (lemak coklat) dan Surface Active Agent (Surfactant).
• Inti sawit mengandung Palm Kernel Oil sebanyak ± 45 – 48 % yang kaya akan gugus Asam laurat bersifat cair pada suhu kamar.
Dapat digunakan sebagai bahan baku industri makanan dan oleo kimia seperti cocoa butter substituted (lemak coklat) dan Surface Active Agent (Surfactant).
Teh Hitam
Bahan baku
industri pangan
Deskripsi :
Diproses melalui pelayuan, penggulungan, fermentasi, pengeringan dan sortasi.
Teh hitam menghasilkan larutan yang berwarna merah tembaga.
Teh hitam ini mempunyai rasa dan aroma berbeda tergantung pada ketinggian tempat tumbuh dan jenis teh serta proses pembuatannya.
Diproses melalui pelayuan, penggulungan, fermentasi, pengeringan dan sortasi.
Teh hitam menghasilkan larutan yang berwarna merah tembaga.
Teh hitam ini mempunyai rasa dan aroma berbeda tergantung pada ketinggian tempat tumbuh dan jenis teh serta proses pembuatannya.
Fitur :
Manfaat Teh bagi kesehatan :
– Meningkatkan metabolisme
– Mengurangi nafsu makan
– Mengurangi resiko serangan jantung
– Menstimulir pembentukan sel darah putih.
– Membantu melawan keracunan makanan.
– Digunakan sebagai obat luar
– Digunakan sebagai bahan kosmetik.
Manfaat Teh bagi kesehatan :
– Meningkatkan metabolisme
– Mengurangi nafsu makan
– Mengurangi resiko serangan jantung
– Menstimulir pembentukan sel darah putih.
– Membantu melawan keracunan makanan.
– Digunakan sebagai obat luar
– Digunakan sebagai bahan kosmetik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar